Senin, 06 Desember 2010

Paraguay Menuju Semifinal

Paraguay membutuhkan adu penalti untuk bisa melewati hadangan Jepang di perdelapanfinal Piala Dunia 2010. Kesuksesan merebut tiket 8 Besar ini adalah yang pertama buat Albirroja.

Bertarung di Lotus Versfeld Stadium, Selasa (29/6/2010), Paraguay dan Jepang bermain imbang 0-0 selama 90 menit waktu normal. Skor tersebut bertahan meski telah dilakukan perpanjangan waktu 2x15 menit.

Dalam adu penalti, kelima eksekutor Paraguay sukses melakukan tugasnya. Sementara dari empat eksekutor Jepang, sepakan Yuichi Komano gagal menjadi gol karena menabrak mistar gawang. Paraguay pun unggul 5-3.

Keberhasilan Paraguay melaju ke perempatfinal tahun ini adalah yang pertama dalam sejarah negeri Amerika Selatan itu. Dari delapan kali ikut Piala Dunia, termasuk tahun ini, Albirroja selalu mentok di perdelapanfinal.

Capaian perdelapanfinal itu dipetik Paraguay dalam tiga kesempatan, yakni tahun 1986 di Meksiko, tahun 1998 di Prancis serta tahun 2002 kala Piala Dunia dihelat di Jepang dan Korea Selatan.

Di perempatfinal nanti, Paraguay akan berhadapan dengan salah satu di antara Spanyol atau Portugal, yang baru akan bertarung dinihari nanti.

Melihat kekuatan lawan, di atas kertas Roque Santa Cruz dkk jelas tidak diunggulkan. Namun kejutan selalu terbuka untuk terjadi. Paraguay sudah membuat sejarah untuk pertama kalinya lolos ke perempatfinal, kenapa tidak sekalian ke semifinal?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar